Langsung ke konten utama

Sukses Investasi Saham Bursa Efek Indonesia (IDX) - Portofolio Harjoko per September 2021

Salam Nangis. Halo rakyat Indonesia, penulis sudah menghubungi instagram Yudha Keling terkait portofolio penulis di IDX. Rupanya penulis masih belum mendapatkan  komentar dan/atau tanggapan langsung dari Saudara Yudha Keling. Penulis juga tidak mendapatkan data perkembangan portofolio dari Saudara Yudha. Oleh karena itu, penulis asumsikan Saudara Yudha masih bangga dengan kerugian yang diraih dan tidak ada perubahan pada portofolio yang dimiliki. 

Bagaimana dengan kondisi portofolio penulis di Bulan September ini? Secara umum penulis masih mengalami kerugian yang dapat menggoncang rumah tangga penulis (jika ketahuan istri), sebagaimana gambar berikut.


Dari gambar terlihat jika kerugian yang diperoleh s.d 7 September 2021 (pada saat screenshot dilakukan) sebesar -22,38%. Nilai tersebut sedikit lebih baik dari bulan lalu yang masih -27,92%. Rincian portofolio saham penulis s.d 7 September 2021 sebagai berikut.


Dari gambar terlihat jika perubahan paling signifikan dikarenakan kenaikan saham MAPA dari sebelumnya -28,46% jauh berkurang menjadi -17,60% dan PTBA yang berkurang dari sebelumnya -10,73% menjadi -0,86%. Menurut informasi dari inner circle penulis, kenaikan MAPA disebabkan karena penurunan PPKM dari level 4 menjadi level 3 sehingga Mall mulai buka yang berdampak baik pada saham MAPA. MAPA sendiri adalah anak perusahaan retail produk-produk olahraga seperti Planet Sport, Sport Station, Golf House, dan sejenisnya. 

Sedangkan alasan kenaikan PTBA tidak diketahui secara pasti oleh penulis. Namun dari hasil gibah dengan mahasisiwi di kampus, mungkin ini hanya sentimen positif sesaat saja. Perlu pembaca ketahui jika harga acuan batubara s.d Bulan September 2021 masih anteng saja bertengger di atas US$100. M. Tingginya harga batubara mengakibatkan kenaikan porsi eksport PTBA juga naik menjadi 47% dari sebelumnya 30-an % sebagaimana dikutip dari cnbc.

Untuk bulan ini, penulis tidak melakukan pembelian atau penjualan saham karena masih percaya dengan fundamental saham itu. Penulis percaya sepenuhnya dengan feeling penulis yang tidak pernah salah. Jika pembaca lupa atau masih penasaran dengan portofolio bulan Agustus dapat dilihat pada link berikutSejujurnya, penulis masih bangga dengan nilai portofolio tersebut karena secara total masih -22,38%, jauh di atas nilai kerugian Yudha Keling yaitu -10,49%. Untuk perkembangan kedepan, penulis bermaksud fokus saja pada tiga saham sesuai pedoman yang sudah ditetapkan dalam "Operasi Perbesaran Mr. P" dengan membuang BFIN, BUMI, dan SMBR.

Simpulan dan Saran

Simpulan dari tulisan di bulan ini, yaitu Penulis tetap percaya dengan strategi "Operasi Perbesaran Mr. P" yang telah dibahas sebelumnya di tulisan ini. Saran kepada Yudha Keling agar segera menanggapi DM penulis dan membagi portofolio terbarunya. Saran kepada pembaca agar ikut berdoa semoga Yudha Keling cepat menanggapi DM penulis.

Demikan tulisan ini bertujuan sebagai acuan bagi investor serta memberikan kritik dan saran bagi berbagai pihak. Penulis akan mencoba secara rutin mengupdate tulisan ini jika terdapat perubahan dan perkembangan informasi dan data terkait portofolio saham ini. Tulisan ini adalah pandangan pribadi penulis bukan merupakan pendapat organisasi/institusi. 

Perlu pembaca ketahui Disclaimer dalam tulisan ini adalah penulis tidak bertanggung jawab atas pilihan penyelenggara urun dana dan saham pilihan pembaca. Semua keuntungan dan kerugian daripada transaksi yang dilakukan adalah tanggung jawab jari-jari pembaca sekalian. Penulis hanya ingin memberikan pengalaman dari sudut pandang penulis saja, agar dapat direnungkan dan dimaknai dengan bijak. Terima kasih.




Komentar

Artikel Populer Lainnya

Pengalaman Review Investasi TokoCrypto - Portofolio Harjoko per September 2021

Reviu Investasi Saham di Amerika dengan Gotrade - Portofolio Harjoko per September 2021

Reviu Investasi Bizhare - Studi Kasus Alfamidi Boulevard & Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Gotrade Penipu? Layak dinyatakan illegal? dan bagian dari investasi bodong?

Apakah Etoro Penipu? Pantas disebut illegal? bagian dari sindikat investasi bodong di Indonesia?

Reviu Investasi Saham Luar Negeri dengan Etoro - Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Investasi LandX - Bedah Porto Andika Sutoro Putra & Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Tokocrypto Illegal di Indonesia? Apa Kelebihan dan Kelemahan Tokocrypto?