Langsung ke konten utama

Reviu Investasi Saham di Amerika dengan Gotrade - Portofolio Harjoko per September 2021

Salam Budiman penduduk Indonesia. Pastinya para penduduk sekalian sudah kangen dengan isi portofolio saham luar negeri penulis di gotrade. 


Secara rinci isi portofolio saham per 7 September 2021 sebagai berikut.


Dari gambar tersebut terlihat adanya perbedaan komposisi portofolio dari bulan lalu. Perbedaan terlihat pada Invesco High Dividen Low Vol ETF yang seluruhnya dijual. Kemudian dilakukan pembelian baru berupa saham Teladoc, Coinbase dan ARK Space ETF. Alasan pembelian saham dan ETF baru tersebut yaitu.

Saham Teladoc
Ada dua alasan pembelian Saham Teladoc . Pertama, karena teladoc adalah perusahaan layanan telemedicine atau semacam jasa konsultasi dokter jarak jauh di Amerika  yang memiliki padanan di Indonesia adalah halodoc.com. Penulis meyakini telemedicine adalah bisnis baru yang berkembang semenjak era pandemi. Penulis meyakini di masa depan pola masyarakat dalam berobat akan berubah dimana penduduk Amerika Serikat akan malas pergi ke klinik atau rumah sakit dan lebih suka menelpon saja. Kedua, harga teladoc sudah turun jauh kira-kira 50% dari titik tertinggi di bulan Februari yang hampir menyentuh US$300 menjadi kira-kira saat ini US$133-an. Oleh karena itu, menurut penulis sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai mencicil Teladoc.

Saham Coinbase
Alasan pembelian Coinbase karena euforia kripto di Bumi. Coinbase adalah salah satu exchange cripto terbesar di Amerika. Penulis membuat hipotesis yaitu semakin banyak transaksi kripto maka semakin besar pula keuntungan Coinbase yang berdampak pada naiknya harga saham.

Reksadana ARK Space ETF
Terakhir, alasan pembelian ARK Space ETF karena penulis meyakini di masa depan penduduk Bumi akan mengeksplorasi angkasa, misalnya mulai berwisata di luar angkasa. Para penduduk kaya raya di Planet Bumi sudah bosan berwisata di Fiji, Maldives, Tahiti dan sejenisnya yang bentuknya itu-itu saja. Para penduduk itu, akan mencoba nyali pergi ke luar angkasa menggunakan berbagai wahana semacam Virgin Galactic kebanggaan Richard Branson. Bahkan Papa Elon Musk saja lebih memilih menggunakan Virgin Galactic dibanding SpaceX miliknya sendiri untuk berwisata ke luar angkasa sebagaimana ditulis detik.com pada link berikut.

Simpulan dan Saran

Simpulan dari tulisan ini adalah return investasi penulis pada bulan ini mengalami penurunan yang tidak signifikan. Penulis tetap berinvestasi pada perusahaan yang memiliki bisnis yang akan berkembang di masa depan seperti telemedicine atau wisata luar angkasa. Saran kepada pembaca agar mendoakan penulis sukses berinvestasi di bursa saham Amerika Serikat.

Demikan tulisan ini bertujuan sebagai acuan bagi investor serta memberikan kritik dan saran bagi berbagai pihak. Penulis akan mencoba secara rutin mengupdate tulisan ini jika terdapat perubahan dan perkembangan informasi dan data terkait portofolio saham ini. Tulisan ini adalah pandangan pribadi penulis bukan merupakan pendapat organisasi/institusi. 

Perlu pembaca ketahui Disclaimer dalam tulisan ini adalah penulis tidak bertanggung jawab atas pilihan kripto dan saham pilihan pembaca. Semua keuntungan dan kerugian daripada transaksi yang dilakukan adalah tanggung jawab jari-jari pembaca sekalian. Penulis hanya ingin memberikan pengalaman dari sudut pandang penulis saja, agar dapat direnungkan dan dimaknai dengan bijak. Terima kasih.


Komentar

Artikel Populer Lainnya

Pengalaman Review Investasi TokoCrypto - Portofolio Harjoko per September 2021

Reviu Investasi Bizhare - Studi Kasus Alfamidi Boulevard & Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Gotrade Penipu? Layak dinyatakan illegal? dan bagian dari investasi bodong?

Apakah Etoro Penipu? Pantas disebut illegal? bagian dari sindikat investasi bodong di Indonesia?

Reviu Investasi Saham Luar Negeri dengan Etoro - Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Investasi LandX - Bedah Porto Andika Sutoro Putra & Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Tokocrypto Illegal di Indonesia? Apa Kelebihan dan Kelemahan Tokocrypto?