Langsung ke konten utama

Pengalaman Sesat Investasi Saham Luar Negeri dengan Etoro - Portofolio Harjoko per Agustus 2021

Salam Berdikari, Hadirin rakyat Indonesia yang saya hormati. Euforia saham di Tahun 2020 dan 2021 membuat penulis tertarik dan meneguhkan hati untuk berinvestasi di New York Stock Exchange (NYSE). Mendengar kata New York, penulis selalu teringat dengan keriuhan Metro Subway dan aroma pengap beton bawah tanah. Pada intinya, penulis memilih NYSE sebagai pelabuhan investasi alih-alih BEI karena aspek keserakahan semata. Dalam benak penulis, New York adalah ibukota kapitalisme dunia. Bahkan, seorang Fidel Castro yang komunis totok jatuh hati dengan New York sebagaimana ditulis bbc.com.

pexels free to use photos by Keira Burton

Alasan lainnya penulis berinvestasi di NYSE, yaitu inspirasi yang diperoleh setelah menonton film Batman The Dark Knight Rises di Bioskop IMAX Gandaria di daerah Ibukota, dalam satu scene penulis ingat jika Bane (musuhnya Batman) pergi ke Gotham Stock Exchange, quotes terkenal yang dikutip langsung dari situs imdb sebagai berikut.

(Bane's men announce their entry into the stock exchange, as the food delivery man shoots down a trader, while the shoeshiner and janitor fire their guns into the tradng screen. As the screens shut off, Bane comes in walks over to one trader).

trader#1: "This is stock exchange. There is no money you can steal".

Bane: "Really? Then why are you people here?"

(Bane drags the trader by his tie across the floor to a computer terminal, slams his head against the table, and uses his security card to log-in and start the application on the shoeshiner's laptop)

Cuplikan scene dengan kualitas HD dapat ditonton di bawah (dapat dipercepat pada menit 1:40 untuk melihat scene di atas).

sumber: Youtube

Apabila ada pembaca yang masih terbata-bata dalam berbahasa inggris dapat langsung membuka google translate, tapi jika malas, penulis akan jelaskan artinya. Secara singkat, yaitu trader di situ menjelaskan bahwasanya perbuatan Bane yang mencuri uang di bursa adalah sia-sia. Tetapi, karena Bane penjahat yang kompeten dan paham finance, beliau berpendapat jika bursa efek adalah pusat perputaran uang. Oleh karenanya, Bane dengan mudah dapat merusak harga saham untuk menghancurkan perusahaan Batman dengan sekejap.

Kejahatan yang Bane lakukan itu rupa-rupanya telah menginspirasi penulis untuk berbuat hal serupa di NYSE (berinvestasi maksudnya, bukan menghancurkan harga saham).

Pembahasan

Untuk berinvestasi di NYSE, kita perlu menggunakan broker luar negeri. Salah satu broker terpercaya kebanggaan penulis yakni Etoro. Penulis merasa sudah klop dan cinta mati dengan broker ini, bahkan dengan bangganya di saat pendemi menorehkan return yang spektakuler. Pada saat itu, selama akhir tahun 2020 penulis merasa telah mencium bau-bau kesuksesan, oleh karenanya dengan jumawa dan pongah berkoar-koar kepada inner circle penulis jika penulis sudah menjadi investor kampiun. Barang buktinya dapat dilihat pada gambar berikut.


Dapat dilihat hanya dalam 7 bulan saja, yakni dari Bulan Juni s.d Desember 2020, penulis sudah menorehkan return +90,81% atau di rata-rata sekitar +12,97% per bulan (memang perlu diakui sebagai suatu prestasi yang membanggakan bagi penulis). 

Nilai return tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan deposito di BPR pinggiran kabupaten di sekitar danau Ranau yang berkisar 6 s.d 7% per tahun. Bahkan, nilai return yang dihasilkan penulis mampu mengalahkan para investor handal dan kompeten semacam Pak Tommy Irawan (trader terkenal - founder jsxproid) yang menghasilkan return tahun 2020 hanya sebesar +18,34% dan Ryan Fillbert (seorang penulis 18 buku tentang investasi) dengan return hanya +27,29%. Gambarnya ada dibawah.


Sebaliknya, semenjak menyentuh tahun 2021, hujatan dan makian penulis tujukan untuk pasar saham luar negeri. Rupa-rupanya pepatah lama yang mengatakan roda terus berputar adalah benar adanya. Keberuntungan penulis sudah lenyap, setiap waktu, hanya diisi dengan renungan dan linangan air mata (dalam hati saja), karena penulis merasakan nyangkut parah, ya walaupun sebenarnya nggak parah-parah banget, masih untung tapi hanya sejumput upil.... (yang tentunya tidak cukup untuk membiayai gaya hidup penulis yang lavish dan menjunjung tinggi hedonisme).


Dapat dilihat dari bulan Januari s.d bulan Juli 2021, penulis hanya sanggup menorehkan return +6,46% saja. Kekecewaan dan kegeraman memenuhi dada penulis. Konyolnya, untuk segera bangkit memperbaiki ekonomi umat kapitalis, penulis niat-niatkan untuk terjun dalam dunia kripto, hasilnya bisa diduga, ternyata memang langsung ambles terjun bebas ke jurang terdalam layaknya palung Mariana di Pasifik. Membagongkan sekali melihat portofolio penulis berwarna merah darah layaknya darah pejuang kesiangan yang tercecer. Bukti penginderaan nyata dari etoro per 29 Juli 2021 sebagai berikut.

Terlihat dari gambar tersebut semua kripto dan saham merah membara, paling tinggi adalah kripto DOGE sebesar -66,7% dan paling rendah adalah saham NIU dengan minus hanya -33,11%.  Penulis yakin, portofolio ini tentunya dapat menjadi bahan hiburan tertawaan dan candaan bagi rakyat dan penduduk Indonesia sekalian. Portofolio tersebut menjadi bahan perbandingan dan kajian khalayak, ternyata ada seseorang yang lebih konyol dalam menghambur-hamburkan uangnya. Sebagai manusia memang sudah lazim untuk tertawa bahagia di atas penderitaan manusia lainnya. 

Akan tetapi, pembaca sekalian tidak boleh lupa, penulis bukan orang kemaren sore di bursa saham. Alhamdulillah, masih ada sisa uang, hasil mengkorek-korek daripada teknik money management yang penulis terapkan dengan seksama. Oleh karenaya, untuk memperbaiki portofolio yang terus menerus menjadi cibiran tersebut, penulis telah menerapkan siasat strategi yang diberi nama Operasi Jus Sirsak dan Kencur. Hal ini merupakan strategi yang penulis namai sendiri untuk menghadapi gejolak portofolio di masa kopid layaknya minum jus sirsak dan kencur.

Berbekal strategi tersebut, penulis beranikan dan mantapkan segenap jiwa dan raga untuk membeli (average down) saham dan crypto serta menambah beberapa kripto baru di awal Bulan Agustus 2021. Hasilnya masih mengecewakan, namun sudah ada kemajuan perkembangan, ditandai dengan munculnya setitik warna hijau. Bukti tangkapan per 10 Agustus 2021 sebagai berikut.

Pembelian Kripto baru pilihan penulis adalah ETH dan BTC. Kedua kripto tersebut dipilih karena alasan sederhana saja, yakni sering dibicarakan banyak orang. Sepertinya pembelian kedua jenis aset kripto ini akan berujung pada jalan tol kesuksesan bagi penulis. Kemudian, average down dilakukan pada kripto XRP dan saham NIU sehingga minus jauh berkurang pada XRP dari sebelumnya -57,40 menjadi -20,50. Lalu, NIU juga berkurang menjadi hanya -18,74%. 

Dari gambar terlihat jika nilai DOGE sebesar -60,53%. Hal itu disebabkan karena DOGE tidak diaverage down dengan alasannya uang penulis sudah habis. Beruntungnya, tiba-tiba saja sudah membaik, naik sedikit dari sebelumnya sebesar -66,7%. Penulis percaya sepenuhnya dengan petuah Paman Elon melalui tweet-nya dapat mengangkat derajat DOGE Coin lebih tinggi.

Simpulan dan Saran

Simpulan dari tulisan ini adalah penulis tidak pernah khawatir rugi dalam berinvestasi karena selalu ada orang bodoh di dunia ini. Keuntungan yang diperoleh penulis diyakini berasal dari kerugian investor lain yang sesat dan tidak cermat berinvestasi. Pelajaran moral yang dapat dipetik dari kekhilafan penulis sebagai berikut.

  • jangan mudah terbuai dengan FOMO
  • selalu siapkan dana cadangan dan money management secara bertahap, tidak lah perlu terbuai keserakahan dengan all in seperti yang penulis lakukan.
  • hindarilan keserakahan dengan banyak-banyak mengaji dan beramal baik
  • Jikalau pembaca nyangkut, maka perbanyaklah mengobrol dengan orang soleh yang masih memiliki hati dan pikiran yang murni.
  • Jikalau pembaca belum nyangkut, maka lihatlah dan dengarkan cerita-certa dari kaum-kaum nyangkuters teraniaya, niscaya akan meningkatkan rasa bahagia dan percaya diri sebagai bahan instropeksi diri.

Saran dari penulis untuk para rakyat Indonesia yang baru ingin berkecimpung atau hampir tenggelam tersedak di kolam laknat saham luar negeri dan/atau kripto yaitu 

  • Mempelajari apa itu FOMO dan bahasa Inggris agar dapat menonton film Batman the Dark Knight Rises tanpa terjemahan.
  • Rajin membaca blog ini agar mendapat pencerahan dan wangsit.
  • Membuat teknik dan strategi untuk menyembunyikan portofolio pembaca yang nyangkut agar tidak menimbulkan geger rumah tanggah oleh keluarga tercinta (istri/saudara/paman/ayah/ibu).
Demikan tulisan ini bertujuan sebagai acuan bagi investor serta memberikan kritik dan saran bagi berbagai pihak. Penulis akan mencoba secara rutin mengupdate tulisan ini jika terdapat perubahan dan perkembangan informasi dan data terkait portofolio saham ini. Tulisan ini adalah pandangan pribadi penulis bukan merupakan pendapat organisasi/institusi. 

Akhir kata, layaknya para youtuber dan penulis rubrik investasi terkenal, disclaimer dalam tulisan ini adalah penulis tidak bertanggung jawab atas pilihan broker dan saham pilihan pembaca. Semua keuntungan dan kerugian daripada transaksi yang dilakukan adalah tanggung jawab jari-jari pembaca sekalian. Penulis hanya ingin memberikan pengalaman dari sudut pandang penulis saja, agar dapat direnungkan dan dimaknai dengan bijak. Terima kasih.


Komentar

Artikel Populer Lainnya

Reviu Investasi Saham di Amerika dengan Gotrade - Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Review Investasi TokoCrypto - Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Tokocrypto Illegal di Indonesia? Apa Kelebihan dan Kelemahan Tokocrypto?

Reviu Investasi Bizhare - Studi Kasus Alfamidi Boulevard & Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Investasi LandX - Bedah Porto Andika Sutoro Putra & Portofolio Harjoko per September 2021

Reviu Investasi Saham Luar Negeri dengan Etoro - Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Gotrade Penipu? Layak dinyatakan illegal? dan bagian dari investasi bodong?

Cuan Maksimal dengan Investasi di Bizhare - Pengalaman Investor Receh & Studi Kasus Alfamidi KH Mas Mansyur Surabaya