Langsung ke konten utama

Apakah Gotrade Penipu? Layak dinyatakan illegal? dan bagian dari investasi bodong?

Halo Rakyat Indonesia yang budiman. Amerika merupakan tanah impian bagi sebagian trader dan investor saham yang mendambakan gejolak volatilitas tinggi, tersedianya saham-saham impian seperti Coca Cola, Apple, Amazon, Netflix dan raksasa-raksasa kapitalis global lainnya dengan return ratusan bahkan ribuan persen dalam jangka panjang telah memancing jiwa serakah sebagian umat manusia.

Euforia investasi melonjak semenjak era pom-pom oleh Papa Elon tentang keberhasilan Tesla yang membuat sahamnya ikut menukik terbang ke planet Mars. Hal ini membuat banyak penduduk Indonesia mendambakan ingin ikut meramaikan saham tersebut layaknya iklan di pluang berikut. Sayangnya, tidak seluruh penduduk negeri ini mengerti cara membuka akun broker luar untuk membeli saham di Amerika Serikat (Nasdaq/NYSE). Semenjak era blokiran etoro oleh pemerintah, gotrade mengisi celah kekosongan ini dengan menyediakan akses bagi umat kapitalis Indonesia untuk ikut serta meramaikan pasar saham Amerika Serikat. 

Sekilas tentang Gotrade yang merupakan aplikasi baru yang lagi hype di kalangan pecinta saham-saham luar negeri khususnya saham Amerika. Konon kabarnya menyerupai robinhood versi Asia. Informasi lengkap gotrade dapat dibaca langsung pada situsnya yaitu www.heygotrade.com, sayang seribu sayang, nyatanya informasi di situsnya masih terbatas dan dalam bahasa inggris yang tidak mudah dimengerti seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, pembaca dapat mencari reviu dan pengalaman dari berbagai investor yang bertebaran di google dengan kata kunci "pengalaman menggunakan gotrade" maka akan bermunculan banyak informasi sebagai berikut.


Mirip halnya dengan tulisan sebelumnya tentang etoro dalam link berikut, tulisan ini juga akan mengkuliti secara gamblang dan lugas bagaimana pengalaman penulis berinteraksi dengan gotrade. Jika pembaca ingin mengetahui pandangan umum penulis dan perbandingan dengan broker luar lainnya yang penulis pergunakan dapat membaca pada link berikut. Pandangan penulis terhadap gotrade terbagi menjadi empat bagian sebagai berikut.

1. Cara Mendaftar Gotrade
Perlu penulis akui, proses pendaftaran gotrade memang ribet, walau tidak seribet etoro yang lebih mirip mengerjakan soal ujian. Keribetan gotrade karena perlunya invitation atau undangan dari user yang telah terverifikasi. Oleh karenanya, bagi para investor yang kebelet dan bermimpi pengen membeli saham di Amerika Serikat dapat menggunakan kode invitation dari penulis sebagai berikut.
Setelah memasukkan kode tersebut, ikuti saja alur pendaftaran dan lengkapi semua syarat-syaratnya, niscaya dalam jangka waktu beberapa hari akan disetujui. Penulis yakin dan sadar jika gotrade bukan merupakan bagian dari konspirasi elit politik global yang ingin memiskinkan rakyat Indonesia, membuat hutang negara dan rakyat makin menumpuk, bagian dari cara licik Kapitalis Asing dan Tiongkok Aseng untuk mencuri sumber daya alam Indonesia, atau kedok pola pikir old mind keynesian sebagaimana pola pikir Bossman. Penulis mohon kepada rakyat agar menjauhkan segala pola-pola pikir laknat itu dari gotrade, yakinlah jika gotrade tidaklah seperti itu. Doi hanya aplikasi broker penuh cinta dan kasih biasa, tempat perkumpulan jual beli saham-saham Amerika Serikat. Penjelasan lebih lengkap atas kepercayaan dan cinta penulis terhadap gotrade dijelaskan dalam bagian selanjutnya.

2. Alasan penulis jatuh cinta dan percaya dengan Gotrade
Penulis sudah menyukai gotrade sejak pandangan pertama. Bentuk muka yang putih, anggun, mulus, bersih, cantik, berkepribadian sederhana/simpel, dan merakyat merupakan aplikasi idaman penulis. Semua menu disajikan informatif tidak berlebih-lebihan, seluruhnya mudah digenggam, dan berada pada ukuran yang pas pada tempatnya. Walaupun sayangnya ada hal yang penulis benci dengan gotrade, yaitu belum tersedia dalam versi web atau desktop, tetap saja tidak mengurangi keindahan gotrade sebagai suatu platform investasi global. 

Motivasi lainnya yaitu adanya nama besar dari Alpaca yang sudah terdaftar sebagai broker saham FINRA dan SIPC. 

Sebagai informasi, penulis paham dan mahfum jika gotrade sudah memiliki lisensi di OJK-nya Malaysia. Pertanyaan besarnya adalah Apakah gotrade juga terdaftar dan memiliki ijin OJK Indonesia? dari penelusuran terhadap website gotrade sendiri, OJK, dan berbagai situs reviu terkait per 11 Agustus 2021 yaitu ronaldsukianto, abdullahadnan, www.finansialku.com, nabungdividen, itstime.id, svaradiva, duwitmu.com, rivankurniawan, dan berbagai forum di reddit, penulis dengan lugas dan pasti dapat menjawab jika gotrade tidak memiliki lisensi baik terdaftar dan/atau berizin OJK. Menyedihkan memang, namun itulah kenyataan pahit yang pembaca sekalian perlu ketahui atas gotrade. Sempat terbersit dalam benak penulis jika gotrade adalah aplikasi saham rakyat Malaysia yang kebetulan saja dapat diakses orang Indonesia

Penulis sendiri masih bertanya-tanya kepada Google, bahwasanya Apakah semua broker saham luar negeri memang perlu untuk terdaftar dan berizin OJK walaupun sudah mendapat aspek legal di negara asalnya? sampai sekarang per  tanggal 11 Agustus 2021, pertanyaan ini masih belum terjawab dan menggantung dalam benak dan sanubari penulis. 

Amat disayangkan, penulis juga tidak mengetahui adanya informasi jika gotrade mungkin bisa jadi sedang mengurus perijinan di OJK maupun instansi lainnya di Indonesia. Tentunya perkembangan masalah ini akan senantiasa diupdate oleh penulis, atau jika para pembaca maupun gotrade sendiri memiliki informasi valid dapat menghubungi dan berkomentar di blog ini. 

Walaupun begitu, penulis tetap percaya gotrade dan berusaha meyakinkan diri, hati, pikiran, dan tindakan jika lisensi gotrade dari OJK Malaysia seharusnya dapat diandalkan. Penulis berpendapat jika OJK-nya Malaysia seharusnya juga tidak kalah dalam melakukan pengawasan dibandingkan OJK Indonesia yang memang terbukti senantiasa update dan cepat tanggap terhadap keresahan yang ditimbulkan tingkah polah penjahat/bromocorah keuangan melalui investasi bodong dan illegal contohnya pada daftar tahun 2021 berikut

Jikalau memang gotrade dianggap illegal oleh OJK dan Pemerintah Republik Indonesia, seperti biasanya akan dikumandangkan kepada khalayak ramai oleh satgas waspada investasi dan aplikasinya akan diblokir (tidak dapat diakses) oleh investor layaknya etoro. Namun, penulis sudah bersiasat, apabila hal itu terjadi dengan menyiapkan akses VPN dan sesegera mungkin dalam tempo sesingkat-singkatnya untuk segera menarik dana jika hal itu terjadi. 

Penulis berharap semoga hal itu dijauhkan dan tidak terjadi saja, bahkan sejujurnya penulis benci dan enggan berpikir kearah situ. Dalam benak dan pikiran penulis, bisa jadi hal inilah yang menjadi alasan pendaftaran gotrade perlu memakai invitation, karena  adanya hambatan pengurusan perijinan ke instansi pemerintah baik OJK maupun instansi lainnya. Harapan penulis jika gotrade sudah dapat diakses khalayak penduduk ramai, alangkah lebih baik jika sudah pula terdaftar dan berijin OJK agar sahih dan legal hukumnya. 

Perlu penulis acungi jempol juga terkait penamaan kategori saham yang gotrade lakukan, rupa-rupanya masih sanggup membangkitkan hasrat dan menggetarkan jiwa muda penulis. Penamaan seperti low carbon print, money never sleep, the robots are coming, combat carbon, enter the matrix, the final frontier, women in charge, china rising,dsb terdengar sangat merdu dan menggugah isi kantong penulis. Contohnya sebagai berikut.

Ditambah lagi dengan adanya satu kategori yang membuat sanubari penulis membuncah merasakan semangat para umat dalam membangkitkan ekonomi syariah yaitu kategori shariahKategori ini disusun gotrade dengan menyedikan pilihan-pilihan saham Islami, walaupun tidak ada informasi asal muasal dalil kehalalan saham itu, namun ini sudah menjadi lompatan besar yang sangat membantu dan memudahkan umat untuk menyalurkan harta menjauhi jurang kesesatan. Contoh list saham syariah sebagai berikut.

3. Cara analisis saham dengan Gotrade

Cukup sulit memang untuk menganalisis saham hanya mengandalkan fitur sederhana gotrade. Tidak banyak hal yang dapat dibahas terkait cara analisis saham dengan gotrade. Hal itu dikarenakan gotrade hanya menyajikan grafik harga sederhana tanpa adanya satupun indikator,  ini contoh untuk saham ACI (Albertson) yang lagi ngetren menjadi top movers per 11 Agustus 2021 sebagai berikut.
Untungnya, gotrade masih berbaik hati menyajikan seupil informasi berfaedah tentang aspek fundamental keuangan dalam menu market stats disertai berita dari media-media saham amerika seperti motleyfool, investorplace, benzinga, seekingalpha, dsb. Contohnya untuk saham yang sama (ACI) sebagai berikut.
Dalam hal ini, etoro pantas untuk berbangga hati dan menyombongkan diri. Karena tidak ada lagi cara analisis yang bisa dibahas, maka aspek lain yang perlu diperhatikan adalah kesederhanaan. Penulis meyakini gotrade merupakan aplikasi jual-beli saham paling ciamik bagi investor berjiwa introvert, menjauhkan diri dari ketamakan, keserakahan, dan berpamer-pamer riya di media sosial. hal ini ditegaskan dengan adanya rules gotrade yang khas per 11 Agustus 2021, yaitu adanya batasan jual-beli saham yang sama dalam lima hari trading, hal ini tentunya membuatnya para scalper atau one day trader menjadi gundah gulana dan masygul.

Untuk fee gotrade, jujur saja penulis tidak terlalu peduli dengan besaran yang diberikan karena sudah kadung cinta. Namun, jikalau ada pembaca yang penasaran dengan fee dan komisi gotrade sebagai berikut

4. Simpulan dan saran
Penulis tegaskan jika gotrade bukan merupakan aplikasi penipu, illegal, dan bodong di Negara Malaysia. Penulis sendiri tidak peduli jika aplikasi ini perlu untuk terdaftar dan berizin di Indonesia (substance over form) karena jika sudah mendapat lisensi di negara asal, sudah cukup menjadi alasan penulis untuk berinvestasi menggunakan broker tersebut. 

Disini penulis tidak dapat memberikan simpulan secara tegas karena pengalaman penulis dengan gotrade masih seumur jagung sehingga rawan bias dan tidak cukup waktu untuk memberikan simpulan dengan layak. Saran kepada rakyat dan pembaca sekalian agar tetap mempergunakan akal dan pikiran dengan bijak dan ikut kursus  bahasa Inggris agar mudah memahami tulisan asing. Saran kepada gotrade untuk segera mengurus segala hal-hal yang diperlukan terkait perijinan agar diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Akhir kata, demikian tulisan ini harap dimaknai dengan bijak, maka disclaimer tulisan ini adalah penulis tidak bertanggung jawab atas pilihan broker dan saham pembaca. Semua keuntungan dan kerugian daripada transaksi yang dilakukan adalah tanggung jawab jari-jari pembaca sekalian. Penulis hanya ingin memberikan pengalaman dari sudut pandang penulis saja, agar dapat direnungkan dan dimaknai dengan bijak. Terima kasih.

Komentar

Abdullah Adnan mengatakan…
Saya sangat berharap GoTrade bisa bertahan lama dan menjadi wadah investasi di bursa US. Jika perlu membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Agar investor loka merasa nyaman berinvestasi besar dan jangka panjang di GoTrade.
Harjoko, Kptn mengatakan…
Terima kasih atas komentarnya Saudara Abdullah Adnan. Mari kita sosialisasikan dan komunikasikan hal itu utnuk kebaikan gotrade dan kenyamanan investor.

Artikel Populer Lainnya

Reviu Investasi Saham di Amerika dengan Gotrade - Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Review Investasi TokoCrypto - Portofolio Harjoko per September 2021

Apakah Tokocrypto Illegal di Indonesia? Apa Kelebihan dan Kelemahan Tokocrypto?

Reviu Investasi Bizhare - Studi Kasus Alfamidi Boulevard & Portofolio Harjoko per September 2021

Pengalaman Investasi LandX - Bedah Porto Andika Sutoro Putra & Portofolio Harjoko per September 2021

Reviu Investasi Saham Luar Negeri dengan Etoro - Portofolio Harjoko per September 2021

Cuan Maksimal dengan Investasi di Bizhare - Pengalaman Investor Receh & Studi Kasus Alfamidi KH Mas Mansyur Surabaya